Obin Sudah Bisa Turun Tangga Sendiri

Kalau naik tangga sudah bisa dari kapan kapan ya, Bin. Tapi bisa turun tangga sendiri baru kemarin-kemarin ya Bin. Itu juga dipaksa sama ayah karena gak mau gendong Obin turun tangga. Kaki kanan, kaki kiri, tangan kanan tangan kiri, terus kaki kanan........... Nah gitu, Bin. Jadi lain kali kalau mau turun tangga Obin gak usah pakai teriak-teriak atau nangis, tinggal kaki kanan, kaki kiri, tangan kanan, tangan kiri .......... Tapi ayah selalu jagain di belakang Obin kok, habis kalau enggak Obin kadang kadang sudah gak sabar mo nengok ke belakang dan mo jalan.
RITUAL PAGI

Kalau Obin (dan bunda) gak bangun kesiangan, sekarang ini biasanya setiap sekitar jam setengah enam pagi bunda ajak Obin buka jendela kamar, dan ngucapin "Selamat pagi matahari! Obin udah bangun dari tadi.... Selamat pagi ayam.. selamat pagi burung.. selamat pagi pohon..." Abis itu Obin pake sepatu cit-citnya Obin, dan jalan-jalan di halaman. Hobi Obin saat ini adalah bantuin Yayi kasih makan ayam. Biasanya Obin langsung jalan ke garasi, minta bukain kaleng tempat jagung disimpan. Hm.. ayam-ayamnya juga seneng sama Obin.. soalnya kalau bisa sih jagung di kaleng semuanya akan Obin kasih ke ayam saat itu juga...he..he..

Ngajak Obin main di halaman itu seneng-seneng susah. Susah soalnya Obin mau megang semuanya... ada jambu jatuh dan udah kotor mau dipegang (dan seringnya mau dimasukin ke mulut), lihat keran air maunya mampir melulu. Udah gitu kan halaman Yayi banyak eek ayamnya, soalnya ayamnya Yayi banyak banget sih...

Minggu pagi ini giliran ayah yang ngajak Obin jalan-jalan di halaman, sementara bunda ngelanjutin bobok dong... Kata ayah, Obin tadi megang eek ayam yang masih baru... iih... Abis itu tangannya yang habis kena eek ayam itu dibawa ke dekat hidung dan sama ayah dibiarin aja... he.. he ternyata baunya gak enak kan, Bin??? Abis itu Obin sibuk mau buang eek ayam yang nempel di tangannya, diambil pakai tangan yang satu lagi.. eh.. malah nempel.. He..he... cerita lengkapnya gimana, Yah??
Pipi Obin Bisulan

Dua hari yg lalu bunda telpon ayah (ayah di Bandung) katanya warna merah di pipi bawah matanya obin yang disangka alergi akibat salah makan, ternyata bisul. Juga adiknya yang dua biji di sekitarnya juga menjadi bisul. Masih kata bunda kemarin katanya sudah ke dokter. Ayah becandain bunda itu bisul, bukan jerawat ya? Bener deh Obin memang anak bunda. Gigi jarang, alergi, dan jerawat, eh bisul. Kacian kecil kecil udah biculan, ya Bin.

"Bisul apaan sih yah?" tanya Obin. Barusan sih ayah browsing di internet katanya bisul disebabkan oleh kuman. Namanya Staphylococcus aureus, namanya susah ya Bin. Di situ sih katanya akibat kita kurang jaga kebersihan. Tapi ayah juga ngamatin teman teman ayah yang bisulan kebanyakan juga para alergi-er. Kayak bunda alergi kepiting, Roni alergi telor, Lukman juga. Kemarin kata bunda yang katanya dari dokter juga bilang begitu." ada kecenderungan" kata dokter.

Oh ya Bin hari ini Nyai Obin ulang tahun . Ntar Obin ucapin celamat ulang tahun ya bin. Gak apa apa walau cuma uuuu, uuuuu, uuuu. (habis baru bisanya ngomong itu).
Lagu Bintang Bobo

Kadang-kadang Ayah nyanyinya gini: "Bin tak bobo, O Bin tak bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk", biasanya kalau udah dininaboboin lama, tapi Obin gak bobo bobo. Akhirnya ayah atau bunda dulu yang bobo. Sementara obin masih terus asik dengan botol, tempat sampah, atau lemari baju.

Tapi selama ini kalau bobo Obin seperti jam beker. Tidur malam, antara jam tujuh malam sampai jam delapan malam, dan diawali minum susu botol. Dan tengah malam sekitar jam satu, biasanya Obin sudah mulai gelisah dan minta susu lagi. Habis itu bobo lagi sampai sekitar jam tiga pagi. Lalu minta susu lagi. Jam setengah lima bangun dan eek di kloset. Habis itu main sampai pagi.

Bahkan waktu bayi dulu, ayah pernah taruhan sama bunda menjelang jam jam Obin bangun. Main tebak tebakkan, "Sepuluh menit lagi Obin bangun", dan kadang kadang sering benarnya. Tapi ketika Obin sakit biasanya tidurnya jadi kacau deh.
Bunda, kenapa namaku Bintang?

Suatu hari, Obin mungkin akan tanya ini ke Bunda. Mungkin Obin juga akan tanya, "Apa artinya namaku, Bunda? Kok panggilannya jadi Obin, Bunda?"... Oke, Bin.. Bunda tulis jawabannya sekarang. Nanti kalau saatnya Obin tanya (mudah-mudahan Blogger masih ada) jawabannya udah siap...:
  • Waktu Obin masih sebesar 'kacang hijau' di dalam perut Bunda, Bunda udah sibuk cari-cari nama di internet. Kabalarian, .. ... udah di lihat semua. Tapi terus Bunda jadi malah bingung tuh... apalagi belum ketahuan kamu itu laki-laki atau perempuan. Akhirnya, udah dulu ah... nanti aja.
  • Waktu Obin udah jadi besar di dalam perut Bunda dan dokter udah bilang kamu laki-laki, Nyai Obin ngasih Bunda setumpuk buku-buku nama anak yang Islami. Banyak juga yang Bunda suka, tapi belum ada yang sukaaa sekali...
  • Sebenarnya Bunda lebih suka nama yang pakai bahasa Indonesia, atau Sansekerta. Entah kenapa Bunda ingat sebuah kata "Lintang" dan Bunda suka. Kata Ayah 'lintang' bisa berarti Bintang... tapi Ayah gak setuju dengan nama itu, soalnya Lintang bisa juga berarti halangan. Nama anak itu berati 'doa' orang tuanya, jadi seharusnya artinya yang baik dong ya? Ayah akhirnya usulnya gimana kalau dipilih Bintang aja?
  • Bintang Anandhiya
    Bintang artinya benda-benda langit yang bersinar indah di tengah malam, yang kelihatannya sangat kecil kalau dilihat dari bumi kita ini.
    Anan, dari bahasa Arab, artinya adalah cakrawala.
    Dhiya, juga dari bahasa Arab, artinya adalah sinar.
    Bintang Anandhiya jadinya berarti bintang yang menerangi cakrawala.. gitu Bin..
  • Nyai awalnya ragu... takut nama ini terlalu berat buat Obin nanti. Gak terlalu berat dong ya, sayang? Bintang kan bukan cuma berarti bintang kelas, bintang film, dll. Bintang itu, bintang di langit. Di langit, bintangnya banyak.. ada yang kecil, ada yang agak besar... tapi semuanya bersinar dengan indah.. membuat malam jadi terang, jadi indah...
  • Terus kenapa Obin....? Karena kamu lucu dan mungil, sayang... Obin rasanya pas banget buat kamu. Juga pas dengan salah satu lagu nina bobok untuk kamu:
    "Bintang bobo ooo bin-tang bobo...Kalau tidak bobo, digigit nyamuk..."
Hari ini Obin ulang tahun... Hari ini umur Obin 1 tahun...

10 November tahun lalu, Obin akhirnya lahir, just in time. Perhitungan dokter, Obin akan lahir tangal 11 November, sesuai dengan umur kehamilan 40 minggu. Obin lahir 15 menit sebelum tanggal 11 November, tepatnya tanggal 10 Nov 02 pukul 11.45 malam. Ehmmm.... Bunda pikir, kalau misalnya waktu itu Bunda gak di-induksi, mungkin Obin akan lahir tepat sesuai perkiraan, dan tanggal lahir Obin gak akan bertepatan dengan Hari Pahlawan ini.

Hari ini gak kerasa, Obin udah 1 tahun, udah bisa jalan walaupun masih suka oleng, dan udah mulai 'badung'. Semuanya rasanya cepat sekalii...

Bunda bersyukur Bunda udah dikasih kepercayaan oleh Allah untuk punya Obin. Semoga Bunda bisa selalu jadi ibu yang baik buat Obin.
ALERGIC TO FISH AND SHRIMP

Obin bener-bener alergi sama ikan dan udang ternyata. Kemarin, setelah sekian lama gak dicoba, Bunda kasih Obin nasi tim instan promina yang baru, yang ada ikannya (anchovy=ikan teri?). Hari pertama, ke dua dikasih, gak kelihatan reaksi alerginya. Tapi kemarin, setelah hari ketiga, padahal hari itu udah gak dikasih, tangannya Obin mucul bentol-bentol merah banyak. Kasihan kamu ya, Bin.. Bahkan kerupuk udang pun bisa otomatis bikin kamu alergi...

Ya udah deh.. Obin makan yang lain aja, ya???
Ada yang kurang ketika obin ke Bandung
  • Obin pipis di kolam renang

  • Obin juga kentut di dalam air ( padahal lagi mencret kala itu)

  • Habis eek di jalan tol obin mandi akai botol aqua, habis eeknya kemana mana.

Obin bisa berjalan dan berdiri sendiri
Waktu hari Minggu pas bareng ayah, sempat nyungsep ke lantai. Pipinya merah, kayak waktu nyungsep pas belajar merangkak dulu. Habis itu nangisnya kenceng banget, digendong juga masih nangis. Waktu dibilangin ada cicak sempat diam, cari cari cicak di langit-langit, tapi ketika gak nemu nangis lagi sama kencangnya. Kok aku dibohongingin sih?

Minggu siang ayah, bunda dan Obin jalan-jalan ke Carrefour. Rame banget. Soalnya menjelang puasa dan tanggal muda kali. Lain kali kalau belanja pas tanggal tua aja kali ya, Bun? Rupanya ada pojok yang sepi di Carefour, di bagian plastik dan peralatan daur lainnya. Obin bisa jalan-jalan dan mo ngambil banyak tumpukan barang dan gak mau dialihkan. Jadi lain kali kalau bunda belanja, Obin dan ayah sudah nemu tempat main yang nyaman di Carrefour. Malamnya Obin muntah habis minum susu. Kenapa kamu, Bin? kecapekan ya?
OBIN BISA JALAN

Kemarin bunda gak nyesel sakit radang tenggorokan dan gak masuk kantor 2 hari. Karena kemarin, tanggal 1 November, bunda bisa melihat Obin berdiri sendiri untuk pertama kali, dan berjalan.... Kamu sih mulai jalan, kira-kira 1 meter atau lebih, sudah dari beberapa hari yang lalu ya Bin.. Padahal waktu itu belum bisa berdiri sendiri. Dasaar Obin memang bandel... dan nekat... Obin pikir Obin udah jago ya jalannya .. udah kayak orang gede. Alhasil sudah beberapa kali jatuh ke belakang dan tadi pagi juga sudah mencium lantai.
Obin ke Bandung

Perjalanan jauh pertama Obin, ke Bandung, dalam rangka wisudaannya ayah dan mau ketemu Mbah.
  • obin ke kebun binatang, lihat gajah dan burung... tapi abis itu obin bobok

  • obin berenang pertama kali, di kolam air hangat cipaku

  • obin kedinginan gak bisa bobok

  • obin eek di jalan tol

  • obin capek

  • obin seneng