Obin Sudah Bisa Turun Tangga Sendiri

Kalau naik tangga sudah bisa dari kapan kapan ya, Bin. Tapi bisa turun tangga sendiri baru kemarin-kemarin ya Bin. Itu juga dipaksa sama ayah karena gak mau gendong Obin turun tangga. Kaki kanan, kaki kiri, tangan kanan tangan kiri, terus kaki kanan........... Nah gitu, Bin. Jadi lain kali kalau mau turun tangga Obin gak usah pakai teriak-teriak atau nangis, tinggal kaki kanan, kaki kiri, tangan kanan, tangan kiri .......... Tapi ayah selalu jagain di belakang Obin kok, habis kalau enggak Obin kadang kadang sudah gak sabar mo nengok ke belakang dan mo jalan.
RITUAL PAGI

Kalau Obin (dan bunda) gak bangun kesiangan, sekarang ini biasanya setiap sekitar jam setengah enam pagi bunda ajak Obin buka jendela kamar, dan ngucapin "Selamat pagi matahari! Obin udah bangun dari tadi.... Selamat pagi ayam.. selamat pagi burung.. selamat pagi pohon..." Abis itu Obin pake sepatu cit-citnya Obin, dan jalan-jalan di halaman. Hobi Obin saat ini adalah bantuin Yayi kasih makan ayam. Biasanya Obin langsung jalan ke garasi, minta bukain kaleng tempat jagung disimpan. Hm.. ayam-ayamnya juga seneng sama Obin.. soalnya kalau bisa sih jagung di kaleng semuanya akan Obin kasih ke ayam saat itu juga...he..he..

Ngajak Obin main di halaman itu seneng-seneng susah. Susah soalnya Obin mau megang semuanya... ada jambu jatuh dan udah kotor mau dipegang (dan seringnya mau dimasukin ke mulut), lihat keran air maunya mampir melulu. Udah gitu kan halaman Yayi banyak eek ayamnya, soalnya ayamnya Yayi banyak banget sih...

Minggu pagi ini giliran ayah yang ngajak Obin jalan-jalan di halaman, sementara bunda ngelanjutin bobok dong... Kata ayah, Obin tadi megang eek ayam yang masih baru... iih... Abis itu tangannya yang habis kena eek ayam itu dibawa ke dekat hidung dan sama ayah dibiarin aja... he.. he ternyata baunya gak enak kan, Bin??? Abis itu Obin sibuk mau buang eek ayam yang nempel di tangannya, diambil pakai tangan yang satu lagi.. eh.. malah nempel.. He..he... cerita lengkapnya gimana, Yah??
Pipi Obin Bisulan

Dua hari yg lalu bunda telpon ayah (ayah di Bandung) katanya warna merah di pipi bawah matanya obin yang disangka alergi akibat salah makan, ternyata bisul. Juga adiknya yang dua biji di sekitarnya juga menjadi bisul. Masih kata bunda kemarin katanya sudah ke dokter. Ayah becandain bunda itu bisul, bukan jerawat ya? Bener deh Obin memang anak bunda. Gigi jarang, alergi, dan jerawat, eh bisul. Kacian kecil kecil udah biculan, ya Bin.

"Bisul apaan sih yah?" tanya Obin. Barusan sih ayah browsing di internet katanya bisul disebabkan oleh kuman. Namanya Staphylococcus aureus, namanya susah ya Bin. Di situ sih katanya akibat kita kurang jaga kebersihan. Tapi ayah juga ngamatin teman teman ayah yang bisulan kebanyakan juga para alergi-er. Kayak bunda alergi kepiting, Roni alergi telor, Lukman juga. Kemarin kata bunda yang katanya dari dokter juga bilang begitu." ada kecenderungan" kata dokter.

Oh ya Bin hari ini Nyai Obin ulang tahun . Ntar Obin ucapin celamat ulang tahun ya bin. Gak apa apa walau cuma uuuu, uuuuu, uuuu. (habis baru bisanya ngomong itu).
Lagu Bintang Bobo

Kadang-kadang Ayah nyanyinya gini: "Bin tak bobo, O Bin tak bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk", biasanya kalau udah dininaboboin lama, tapi Obin gak bobo bobo. Akhirnya ayah atau bunda dulu yang bobo. Sementara obin masih terus asik dengan botol, tempat sampah, atau lemari baju.

Tapi selama ini kalau bobo Obin seperti jam beker. Tidur malam, antara jam tujuh malam sampai jam delapan malam, dan diawali minum susu botol. Dan tengah malam sekitar jam satu, biasanya Obin sudah mulai gelisah dan minta susu lagi. Habis itu bobo lagi sampai sekitar jam tiga pagi. Lalu minta susu lagi. Jam setengah lima bangun dan eek di kloset. Habis itu main sampai pagi.

Bahkan waktu bayi dulu, ayah pernah taruhan sama bunda menjelang jam jam Obin bangun. Main tebak tebakkan, "Sepuluh menit lagi Obin bangun", dan kadang kadang sering benarnya. Tapi ketika Obin sakit biasanya tidurnya jadi kacau deh.
Bunda, kenapa namaku Bintang?

Suatu hari, Obin mungkin akan tanya ini ke Bunda. Mungkin Obin juga akan tanya, "Apa artinya namaku, Bunda? Kok panggilannya jadi Obin, Bunda?"... Oke, Bin.. Bunda tulis jawabannya sekarang. Nanti kalau saatnya Obin tanya (mudah-mudahan Blogger masih ada) jawabannya udah siap...:
  • Waktu Obin masih sebesar 'kacang hijau' di dalam perut Bunda, Bunda udah sibuk cari-cari nama di internet. Kabalarian, .. ... udah di lihat semua. Tapi terus Bunda jadi malah bingung tuh... apalagi belum ketahuan kamu itu laki-laki atau perempuan. Akhirnya, udah dulu ah... nanti aja.
  • Waktu Obin udah jadi besar di dalam perut Bunda dan dokter udah bilang kamu laki-laki, Nyai Obin ngasih Bunda setumpuk buku-buku nama anak yang Islami. Banyak juga yang Bunda suka, tapi belum ada yang sukaaa sekali...
  • Sebenarnya Bunda lebih suka nama yang pakai bahasa Indonesia, atau Sansekerta. Entah kenapa Bunda ingat sebuah kata "Lintang" dan Bunda suka. Kata Ayah 'lintang' bisa berarti Bintang... tapi Ayah gak setuju dengan nama itu, soalnya Lintang bisa juga berarti halangan. Nama anak itu berati 'doa' orang tuanya, jadi seharusnya artinya yang baik dong ya? Ayah akhirnya usulnya gimana kalau dipilih Bintang aja?
  • Bintang Anandhiya
    Bintang artinya benda-benda langit yang bersinar indah di tengah malam, yang kelihatannya sangat kecil kalau dilihat dari bumi kita ini.
    Anan, dari bahasa Arab, artinya adalah cakrawala.
    Dhiya, juga dari bahasa Arab, artinya adalah sinar.
    Bintang Anandhiya jadinya berarti bintang yang menerangi cakrawala.. gitu Bin..
  • Nyai awalnya ragu... takut nama ini terlalu berat buat Obin nanti. Gak terlalu berat dong ya, sayang? Bintang kan bukan cuma berarti bintang kelas, bintang film, dll. Bintang itu, bintang di langit. Di langit, bintangnya banyak.. ada yang kecil, ada yang agak besar... tapi semuanya bersinar dengan indah.. membuat malam jadi terang, jadi indah...
  • Terus kenapa Obin....? Karena kamu lucu dan mungil, sayang... Obin rasanya pas banget buat kamu. Juga pas dengan salah satu lagu nina bobok untuk kamu:
    "Bintang bobo ooo bin-tang bobo...Kalau tidak bobo, digigit nyamuk..."
Hari ini Obin ulang tahun... Hari ini umur Obin 1 tahun...

10 November tahun lalu, Obin akhirnya lahir, just in time. Perhitungan dokter, Obin akan lahir tangal 11 November, sesuai dengan umur kehamilan 40 minggu. Obin lahir 15 menit sebelum tanggal 11 November, tepatnya tanggal 10 Nov 02 pukul 11.45 malam. Ehmmm.... Bunda pikir, kalau misalnya waktu itu Bunda gak di-induksi, mungkin Obin akan lahir tepat sesuai perkiraan, dan tanggal lahir Obin gak akan bertepatan dengan Hari Pahlawan ini.

Hari ini gak kerasa, Obin udah 1 tahun, udah bisa jalan walaupun masih suka oleng, dan udah mulai 'badung'. Semuanya rasanya cepat sekalii...

Bunda bersyukur Bunda udah dikasih kepercayaan oleh Allah untuk punya Obin. Semoga Bunda bisa selalu jadi ibu yang baik buat Obin.
ALERGIC TO FISH AND SHRIMP

Obin bener-bener alergi sama ikan dan udang ternyata. Kemarin, setelah sekian lama gak dicoba, Bunda kasih Obin nasi tim instan promina yang baru, yang ada ikannya (anchovy=ikan teri?). Hari pertama, ke dua dikasih, gak kelihatan reaksi alerginya. Tapi kemarin, setelah hari ketiga, padahal hari itu udah gak dikasih, tangannya Obin mucul bentol-bentol merah banyak. Kasihan kamu ya, Bin.. Bahkan kerupuk udang pun bisa otomatis bikin kamu alergi...

Ya udah deh.. Obin makan yang lain aja, ya???
Ada yang kurang ketika obin ke Bandung
  • Obin pipis di kolam renang

  • Obin juga kentut di dalam air ( padahal lagi mencret kala itu)

  • Habis eek di jalan tol obin mandi akai botol aqua, habis eeknya kemana mana.

Obin bisa berjalan dan berdiri sendiri
Waktu hari Minggu pas bareng ayah, sempat nyungsep ke lantai. Pipinya merah, kayak waktu nyungsep pas belajar merangkak dulu. Habis itu nangisnya kenceng banget, digendong juga masih nangis. Waktu dibilangin ada cicak sempat diam, cari cari cicak di langit-langit, tapi ketika gak nemu nangis lagi sama kencangnya. Kok aku dibohongingin sih?

Minggu siang ayah, bunda dan Obin jalan-jalan ke Carrefour. Rame banget. Soalnya menjelang puasa dan tanggal muda kali. Lain kali kalau belanja pas tanggal tua aja kali ya, Bun? Rupanya ada pojok yang sepi di Carefour, di bagian plastik dan peralatan daur lainnya. Obin bisa jalan-jalan dan mo ngambil banyak tumpukan barang dan gak mau dialihkan. Jadi lain kali kalau bunda belanja, Obin dan ayah sudah nemu tempat main yang nyaman di Carrefour. Malamnya Obin muntah habis minum susu. Kenapa kamu, Bin? kecapekan ya?
OBIN BISA JALAN

Kemarin bunda gak nyesel sakit radang tenggorokan dan gak masuk kantor 2 hari. Karena kemarin, tanggal 1 November, bunda bisa melihat Obin berdiri sendiri untuk pertama kali, dan berjalan.... Kamu sih mulai jalan, kira-kira 1 meter atau lebih, sudah dari beberapa hari yang lalu ya Bin.. Padahal waktu itu belum bisa berdiri sendiri. Dasaar Obin memang bandel... dan nekat... Obin pikir Obin udah jago ya jalannya .. udah kayak orang gede. Alhasil sudah beberapa kali jatuh ke belakang dan tadi pagi juga sudah mencium lantai.
Obin ke Bandung

Perjalanan jauh pertama Obin, ke Bandung, dalam rangka wisudaannya ayah dan mau ketemu Mbah.
  • obin ke kebun binatang, lihat gajah dan burung... tapi abis itu obin bobok

  • obin berenang pertama kali, di kolam air hangat cipaku

  • obin kedinginan gak bisa bobok

  • obin eek di jalan tol

  • obin capek

  • obin seneng

OBIN BELAJAR JALAN

Obin udah lama sih belajar jalan dengan ditata. Kemarin ada permainan baru buat obin dalam rangka meningkatkan kemampuan jalannya Obin : "Kejar Bunda, Bunda Tangkap!"
SAY NO FOR EMPENG - A SUCCESS STORY

Bunda pernah baca di majalah atau di internet, bahwa kalau bayi 'ngempeng' itu adalah salah orangtuanya bukan mau bayinya. Empeng adalah solusi instan yang dipilih orang tua yang gak bisa menenangkan bayinya. Memang benar sekali itu...

Kenapa kamu dulu dikasih empeng ya Bin...? Itu dulu karena Bunda gak bisa kasih ASI, karena Bunda inverted nipple dan gak ada persiapan jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Terus terang Bunda sedih banget waktu, rasanya seperti bukan seorang ibu. Sementara Obin, karena alat pencernaan yang belum sempurna, hampir selalu muntah setiap habis munum susu botol. Obin juga 'restless' , nyaris gak tidur waktu siang. Akhirnya Bunda coba kasih empeng, awalnya Obin juga gak mau, "apaan sih nih..." pasti Obin pikir gitu. Tapi lama-lama Obin ketagihan. Dari yang tadi cuma pengantar tidur, malah lama-lama jadi kebutuhan sepanjang tidur.

Bunda sudah beberapakali pernah coba untuk menyetop empeng, tapi mungkin juga karena Bunda gak yakin, kamu nangis histeris. Yah, Bunda ngalah deh. Bunda sempat berpikir untuk ngebiarin Obin ngempeng sampai 2 tahun, sampai Obin ngerti, dan minta Obin berhenti ngempeng mulai saat Obin ulang tahun (biar momen ulang tahun jadi momen yang bersejarah).

Entah kenapa minggu lalu, pas Obin bangun malam, Bunda berpikir untuk mencoba sekali lagi. Bunda berusaha keras supaya Obin jangan sampai nangis, gak maksa Obin untuk segera bobok, membiarkan Obin main dulu sampai ngantuk sekali, dan AJAIB Obin bisa tidur tanpa empeng. And the strory continued until today..... Sekarang Obin sudah benar-benar "FREE FROM EMPENG" baik siang maupun malam. Memang sih, konsekuensinya bobok siangnya Obin jadi berkurang. Tapi gak apa-apa ya sayang... nanti juga kamu bobok kalau udah ngantuk dan cape.

So the moral of this story:

Bayi gak pernah minta dikasih empeng. Empeng cuma lebih banyak untuk kenyamanan orangtua dari pada si bayinya sendiri.

Kalau sudah terlanjur, kalau memang niat, bisa kok kebiasaan ngempeng itu dihentikan. Yang penting si anak merasa 'secure' walaupun tanpa empeng. Asal dia sudah merasa nyaman dan aman, dia gak butuh empeng.

HAL-HAL YANG MENAKJUBKAN DARI BAYI

Dari Widi (dari mana Wid?). Yang lebih menakjubkan lagi... rasanya semuanya benar: My baby is my center of life now...

  1. Mengendong bayi membuat anda merasa besar, kuat, penting, bertanggung jawab, dan benar benar merasa dibutuhkan. ( ... dan bayi begitu mungil...)

  2. Setiap bayi memiliki mujizat tersendiri. (dan karakternya sendiri... cool... bahkan dari bayi pun sudah berkarakter)

  3. Seorang bayi melihat dunia melalui mata kita, supaya kita dapat menemukan kembali keindahan yang dianggap biasa. (dan mata bayi adalah mata yang paling indah, mata yang sangat innocent...)

  4. Bayi terkenal karena kesabarannya. Mereka akan menunggu dan menunggu dan menunggu sampai akhirnya kita tertidur sebelum dia mulai menangis lagi. (ini terutama waktu 2 minggu pertama...a restless night for new parents)

  5. Ketika bayi tidak mau berhenti menangis, ingatlah bagaimana senangnya kita mendengar suara tangisnya pertama kali. (rasanya mau nangis juga...)

  6. Beberapa lembar rambut halus di kepala bayi bisa menciptakan keinginan yang tidak tertahankan untuk menghiasinya seperti mengikat pita di sana. (untung Obin cowok)

  7. Amati saat bayi tidur pada malam hari dan kita akan lupa betapa letihnya kita. (true..)

  8. Suara tawa bayi adalah obat manjur untuk stress dan suara sendawanya memberikan kepuasan tertinggi. (apalagi OBIN yang dulu setiap habis minum susu memang harus disendawakan dan sendawanya hampir pasti pake gumoh)

  9. Senyuman seorang bayi bisa membuat kita lupa segala rencana kita dan ketika ingat rencana tersebut rasanya sudah tidak penting lagi. (jadi malas ke kantor itu pasti)

  10. Dikenali seorang bayi bisa terasa lebih hebat dan membanggakan daripada dikenal di seluruh kota bahkan mungkin dunia. (Obin tahu bahwa ini bundanya? This is the greatest thing in life)

  11. Memandikan bayi pertama kali adalah salah satu hal paling berani yang pernah kita lakukan. (he's so small, I thought I can broke his arm...)

  12. Anda akan belajar bahasa baru dengan bayi baru. Apakah anda pernah mengira bahwa ciluk-ba bisa menjadi permainan yang begitu hebat?

  13. Memasang popok bayi adalah latihan Geometri yang sangat logis. (bagaimana dengan memasang bedong? ini bagaikan keahlian origami yang paling sulit)

  14. Jangan mengabaikan bakat olahraga bayi anda - melempar makanan melintasi ruangan mungkin menunjukan ia akan menjadi calon pemain basket,memukul mainan keluar dari boksnya bisa menjadi tanda calon juara tenis,merangkak dengan kecepatan tinggi untuk mendorong jambangan kesayangan anda dari meja tamu mungkin berarti dia calon pelari lintas alam. Ini adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan ketika kita membersihkan tumpahan dan pecahannya. (hmm...)

  15. Tidak ada mulut yang lebih terkatup rapat dari pada mulut bayi ketika kita mencoba memasukan makanan kedalamnya dan tidak ada yang lebih akurat daripada semburan makanan bayi pada kita. (hua.. ha.. ha... ini sih jagonya Obin)

  16. Kata pertama dari mulut bayi tidak selalu "Pa Pa" atau "Ma Ma". Jangan merasa tersingung kalau itu "Guk guk" atau "Pus Pus". (jangan juga geer kalau dia bilang ma..ma..atau pa..pa.. karena itu seperti bahasa smurf... bisa berarti apapun juga)

  17. Seorang bayi bisa membuat Ibu anda mengira bisa mengurusnya lebih baik daripada anda sendiri dan mereka dengan senang hati bersedia dititipi. (that's my Mom)

  18. Seorang bayi akan membuat ayah anda lupa bahasa aslinya. (tang ting tung... ting tang ting tung...)

  19. Seorang bayi akan membuat kita memandang diri kita terus menerus secara serius. (sambil ngaca: "..mata Obin sipit.. kayak mata Bunda.. hidung pesek kayak hidung Bunda.. alis juga alis Bunda...")

  20. Bayi sangat pemaaf, mereka senang mendengar kita menyanyi walaupun suara kita sumbang dan mereka akan tertawa mendengar lelucon kita, tidak perduli berapa kali kita mengulanginya.

  21. Bayi tidak memerlukan kita menjadi sempurna, mereka hanya perlu kita ada. (dan Bunda gak bisa selalu ada di samping Obin... oh..what a regret being a working mother...)

  22. Bayi bisa membuat anda merindukan waktu untuk diri sendiri, sampai akhirnya waktu itu ada dan anda segera menginginkan bayi anda lagi. (iya.. kok bisa ya???)

  23. Bayi senang pergi ke restaurant tapi mereka tidak ingin makan, mereka lebih suka menyobek kertas tisue, memukuli kue, bermainan sedotan dan menarik perhatian semua orang. (dan Obin ketawa-ketawa sama mbak-mbak di restoran)

  24. Seorang bayi bisa menjadi sangat pemarah. coba saja melepaskan kue dari mulutnya supaya kita bisa memotretnya. (coba aja ambil selang air dari Obin sehabis cuci kaki-cuci tangan.. he..he..)

  25. Bayi dibungkus dengan semua harapan dan impian kita tapi kita harus melonggarkan bungkusan itu agar mereka punya tempat untuk tumbuh. ( Bunda janji ya, Bin... Mudah-mudahan bisa Bunda tepati)

  26. Apapun yang cocok untuk bayi teman anda tidak akan cocok untuk bayi anda. Tapi setiap bayi sama saja dengan bayi lain mereka tumbuh, merangkak, berjalan dan berbicara pada waktunya sendiri. (..true.. don't push them...)

  27. Tatapan seorang bayi mengingatkan kita bahwa kita punya jiwa dan bayi itu telah menemukannya.

  28. Setiap bayi adalah tantangan, tapi bayi anda akan mengeluarkan kemampuan terbaik anda. (dan bunda belajar bikin web site, karena Obin)

  29. Seorang bayi akan membuat anda tidak pernah sama. Anda akan selalu mengutamakan bayi anda di atas siapapun, anda akan mengambil lebih sedikit untuk diri sendiri dan memberi lebih banyak pada bayi anda dan anda akan mencoba menjadi orang yang lebih baik untuk memberi contoh baginya. (my baby is my center of life from the day he was born)

  30. Ketika seorang bayi memasuki kehidupan kita, tiba-tiba anda bisa mengerti dan tahu apa yang telah diberikan orang tua anda dahulu. (suddenly I realize that I love my parents and I do not want to hurt them anymore)
Tes link untuk ke foto here foto bintang
FREE FROM EMPENG - DAY 3rd

Wah... tadi malam heboh...
Dari jam 7 Obin udah masuk kamar, minum susu, terus main sampai jam 8. Mulai jam 8 dia udah ngantuk dan minta empeng. Wah.. pokoknya susah banget deh... soalnya pake acara nangis segala tadi malam. Bolak-balik Bunda ajak keluar kamar, setiap dia nangis, ngebujuk Obin dengan segala macam cara. Pas balik ke kamar nangis lagi. Hampir Bunda nyerah. Akhirnya Obin bobok juga setelah digendong sambil diayun di halaman, sehabis lihat cicak.

Kamu protes ya, Bin... "Kok Bunda bilang empengnya gak ada, sih. Tadi siang kan masih ada."

Memang seharusnya programnya langsung TOTAL FREE FROM EMPENG kali ya, bukan cuma malam aja. Tapi kasihan orang rumah, kalo Obin gak ada bobok siang, mereka gak bisa ngerjain yang lainnya.

Ya.. mudah-mudahan nanti malam lebih gampang, deh....
OBIN 11 BULAN HARI INI

Hari ini 10 Oktober, obin ulang bulan yang ke 11. Obin's new talent:
  • Mata gemes. Kalau disuruh "mata gemes" Obin akan menyipitkan matanya yang memang udah sipit.

  • Duduk muter-muter di tempat 360 derajat.. muter.. muter..

  • Tata sebelah tangan

  • Jalan 'lepas tangan' he.. he.. tapi punggung bajunya dipegangin

  • Menuang isi botol yang satu ke botol yang lain. Tapi pura-pura doang

  • Rambatannya makin jago, kalau dulu baru rambatan di pinggir tempat tidur atau meja. Sekarang udah bisa rambatan di dinding.. wah kayak spiderman aja....

  • Jago gigit hidung, pundak, dan lutut orang


PROGRAM FREE FROM EMPENG

Udah dua hari ini Bunda bikin program "free from empeng' buat Obin. Malam pertama Bundacoba ini, Obin begadang dari jam 11 - 2 malam: main, eek, gelisah gak bisa bobok, bolak-balik gak jelas, mewek, berusaha ngempeng jempol kaki, sampai akhirnya ketiduran karena capek. Sempet sedih waktu lihat dia 'ngunyah-ngunyah kosong' -mulutnya bergerak-gerak seperti ngenyot empeng - sambil bergumam "mam mam". Sempet sedih juga waktu dia menghentak-hentakkan kaki, narik-narik kakinya, dan berusaha masukin jempol kakinya ke mulut. Sempet Bunda gak tega dan mau nyerah. Huh.. lega akhirnya dia bisa bobok dan bisa terbukti bahwa sebenarnya Obin bisa gak ngempeng.

Besok siangnya, karena bunda cerita tentang ini ke orang rumah, ternyata nyai dan siti juga nyoba nerapin program ini.
Alhasil... Obin nyaris gak bobo siang itu. Sore-sore, mereka nyerah, Obin dikasih empeng untuk bobok, dan empengnya baru dilepas waktu dia udah bobok. He.. he.. Bunda sih gak pernah minta mereka untuk langsung nerapin "free empeng program" ini. Gak sekarang.... Pelan-pelan aja.

Malamnya, program diteruskan lagi, mulai dari bobok panjang pertama. Belajar dari pengalaman malam sebelumnya, bunda siapin 1 botol susu dan 1 botol air putih. Seperti biasa habis minum susu Obin akan mulai "hek..hek..." merengek minta empeng. Lalu bunda bilang ke Obin, "Obin, empengnya gak ada, Obin minum air putih aja ya... ". Obin gak mau, dia lalu minta untuk dibaringkan. Setelah itu, seperti biasa, dia gelisah sekali, mondar-mandir, tubruk sana, tubruk sini. Tapi kali ini gak lama. Mungkin karena sudah kecapean karena siangnya nyaris gak bobo.

Bangun tengah malam, setelah minum susu, Obin gak mau air putih. Gelisah sebentar, tapi habis diganti pampersnya langsung bobok dengan pulas. Seneng rasanya ada kemajuan.

Mudah-mudahan malam ini Obin bisa bobok tenang tanpa empeng.. dan besok malam... dan besoknya lagi....
:: Obin 11 bulan kurang 1 minggu ::

Hari ini Obin umurnya 11 bulan kurang 1 minggu, tapi masih kecil juga, gak gede-gede. Berat Obin dan Bunda kalau kita lagi nimbang di rumah tetap aja 49 kilo. Bunda 41 kilo, Obin 8 kilo. Paling juga kalau pakai timbangan Hermina beratnya masih 8.5 kilo.

Obin, umur 11 bulan kurang 1 minggu, udah bisa banyak...
Udah bisa merangkak mundur, udah bisa turun tangga mundur, udah bisa turun dari tempat tidur tapi masih harus dijagain karena masih suka asal. Sekarang Obin lagi suka "ta... ta...". Abis cebok, abis mandi, keluar dari kamar mandinya dengan "yuk...ta..ta...?!". Obin juga suka diajak ta-ta ke dapur, lihat ikan di akuarium, lihat ikan di kolam.

Obin, umur 11 bulan kurang 1 minggu, masih suka bongkar-bongkar lemari dan laci, tapi udah gak sesering kemarin-kemarin. Kalau dulu dia suka sama pintunya yang bisa di buka tutup dan isi lemarinya yang bisa dibuang-buang, sekarang dia lebih tertarik sama "KUNCI" nya. Biasanya dia akan ngedeketin orang yang dekat dengan sasarannya, dan manjat badan orang itu atau minta digendong, supaya dia bisa pegang dan ambil kunci yang tergantung.

Kemarin, Obin nonton siaran berita tentang sepak bola di TV. Dia bengong, begitu lapangannya ilang dari TV, dia nangis kesel. Terus lapangannya nongol lagi, dia bengong lagi. Begitu terus. Apa dia seneng nonton sepak bola, atau dia seneng lihat lapangannya yang hijau ya? Tapi waktu itu dia juga udah bete karena udah mau bobo sih...

Kata mbak Siti, Obin udah gak takut lagi sama Spiderman. O ya...
kemarin Bunda beli boneka di jalan, buat digantung di mobil. Bonekanya boneka panda yang badannya dari semacam per, jadi kalau digantung dan digoyang-goyang, badannya bisa memanjang dan memendek kayak per. Bunda beli, soalnya lucu sih... Tapi.. pas pertama bunda lihatin itu boneka ke Obin, waktu pulang kantor, si Obin takut. Bonekanya Bunda gantung di kaca depan mobil, dan si Obin bunda ajak naik mobil, ikut nyetir ke dalam garasi. Seperti biasa dia seneng banget... Tapi pas dilihatin boneka itu.. eh.. dianya langusng tegang, takut, meluk bunda, dan nggak mau lihat ke arah boneka. He.. he.. lucu deh kamu Bin. Bonekanya bunda bawa turun, dan dimain-mainin di depan dia, sambil bikin sound effect yang lucu... dia mulai gak takut dan ikut main-mainin itu boneka. Tapi... seperti biasanya... gak lama udah BOSEN... (he.. he.. Bunda gak kapok juga ya beliin mainan...)
BINTANG KOK TAKUT....


Si Bintang ku kecil, kenapa takut?
Takut apa sayang?
Kok takut sih sama boneka spiderman...
Bunda jadi bingung...
Tapi ya udah....
Bunda janji deh gak nakut-nakutin Bintang lagi...

BINTANG KOK TAKUT 2....
ayah... bintang takut lihat bunda pake mukenah.... Pokoknya kalau bunda mau mulai solat dekat dia, sejak mulai pake mukenah.. dia langsung nangis. Padahal kalo lihat nyai pake mukenah dia biasa aja... Bunda jadi mikir....apa karena dia gak biasa ngelihat bunda pake mukenah kali ya? Soalnya bundanya jarang-jarang solat nih.... jadi malu sendiri...
Bintang Panas Lagi
Ayah... tadi malam bintang panas lagi badannya.
Obin bangun tengah malam jam 12, terus minum susu. Abis minum susu dia gelisah gak bobo-bobo. Bunda pikir minumnya kurang, terus Bunda mau kasih susu lagi. Eh tapi dia malah batuk-batuk dan akhirnya muntah.... Badannya anget, Bunda ukur panasnya 38 derajat. Jadi dikasih obat penurun panas deh...Begitu udah tenang Bunda kasih minum lagi tapi masih gak bobo juga sampai jam 2. Si Obin kayaknya lagi pilek, soalnya agak ingusan. Pagi ini juga muntah lagi walaupun badannya udah gak panas. Ya... mudah-mudahan aja cepet sembuh deh.... Gak jadi sakit...
:: Link Baru ::
ayah ... Bunda nambahin 2 link di "view web page".
- link ke site lagu bintang
- link ke site foto bintang
(site foto yang di yahoophotos ini udah aku buka public-accesnya, so gak perlu pake password)
:: FASILITAS COMMENT ::
Yah.. aku baru nambahin fasilitas comment di blogger ini... Coba kamu perhatiin di view web pagenya.... di bawah setiap message ada tulisan "shout out", kalau kamu klik itu, bisa nongol window baru untuk ngereply message tersebut....
terus reply memang gak terarchive di archivenya blogger, tapi harus di lihat viewing web page juga.
Selamat mencoba....!!
bintang jatuh

ayah... tadi pagi bintang jatuh dari tempat tidur.....
salah bunda sih... kita lagi main di tempat tidur main petak umpet pake sarung... terus dia merangkak-rangkak dan duduk dipinggir... bunda gak sempet pegang dia... dan dia jatuh ke belakang... kepalanya kena lantai. Nangisnya lama... tapi abis nangis langsung bobo....
yah perlu dibawa ke dokter gak??
gak pake muntah sih.... dan tadi sih abis bangun tidur lama, terus udah ceria lagi udah main lagi...
obin tadi abis lihat cicak lagi di internet, sambil dengerin musik lagu anak-anak di internet...
lagu cicak-cicak di dinding.... lagu tik-tik-tik hujan turun....

tadi waktu eek obin gak mau cebok ...dia pengen pegang selang..
akhirnya bunda kasih selangnya ... eh... seneng banget dia lihat air ngocor dari selang yang dia pegang
tapi... he.. he.. tidak lupa dicoba masukin air ke mulut.....

bunda mau bikin rumah-rumahan ah buat obin....
di bawah tangga..... dikasih pintu pake kain...
gimana kata ayah....
ya sudahlah.... untuk sementara bikinnya di blogger aja.
abis nyobain dilink ke geocities gak bisa-bisa aja....
sebel deh....