PROGRAM FREE FROM EMPENG

Udah dua hari ini Bunda bikin program "free from empeng' buat Obin. Malam pertama Bundacoba ini, Obin begadang dari jam 11 - 2 malam: main, eek, gelisah gak bisa bobok, bolak-balik gak jelas, mewek, berusaha ngempeng jempol kaki, sampai akhirnya ketiduran karena capek. Sempet sedih waktu lihat dia 'ngunyah-ngunyah kosong' -mulutnya bergerak-gerak seperti ngenyot empeng - sambil bergumam "mam mam". Sempet sedih juga waktu dia menghentak-hentakkan kaki, narik-narik kakinya, dan berusaha masukin jempol kakinya ke mulut. Sempet Bunda gak tega dan mau nyerah. Huh.. lega akhirnya dia bisa bobok dan bisa terbukti bahwa sebenarnya Obin bisa gak ngempeng.

Besok siangnya, karena bunda cerita tentang ini ke orang rumah, ternyata nyai dan siti juga nyoba nerapin program ini.
Alhasil... Obin nyaris gak bobo siang itu. Sore-sore, mereka nyerah, Obin dikasih empeng untuk bobok, dan empengnya baru dilepas waktu dia udah bobok. He.. he.. Bunda sih gak pernah minta mereka untuk langsung nerapin "free empeng program" ini. Gak sekarang.... Pelan-pelan aja.

Malamnya, program diteruskan lagi, mulai dari bobok panjang pertama. Belajar dari pengalaman malam sebelumnya, bunda siapin 1 botol susu dan 1 botol air putih. Seperti biasa habis minum susu Obin akan mulai "hek..hek..." merengek minta empeng. Lalu bunda bilang ke Obin, "Obin, empengnya gak ada, Obin minum air putih aja ya... ". Obin gak mau, dia lalu minta untuk dibaringkan. Setelah itu, seperti biasa, dia gelisah sekali, mondar-mandir, tubruk sana, tubruk sini. Tapi kali ini gak lama. Mungkin karena sudah kecapean karena siangnya nyaris gak bobo.

Bangun tengah malam, setelah minum susu, Obin gak mau air putih. Gelisah sebentar, tapi habis diganti pampersnya langsung bobok dengan pulas. Seneng rasanya ada kemajuan.

Mudah-mudahan malam ini Obin bisa bobok tenang tanpa empeng.. dan besok malam... dan besoknya lagi....

No comments: