SAY NO FOR EMPENG - A SUCCESS STORY

Bunda pernah baca di majalah atau di internet, bahwa kalau bayi 'ngempeng' itu adalah salah orangtuanya bukan mau bayinya. Empeng adalah solusi instan yang dipilih orang tua yang gak bisa menenangkan bayinya. Memang benar sekali itu...

Kenapa kamu dulu dikasih empeng ya Bin...? Itu dulu karena Bunda gak bisa kasih ASI, karena Bunda inverted nipple dan gak ada persiapan jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Terus terang Bunda sedih banget waktu, rasanya seperti bukan seorang ibu. Sementara Obin, karena alat pencernaan yang belum sempurna, hampir selalu muntah setiap habis munum susu botol. Obin juga 'restless' , nyaris gak tidur waktu siang. Akhirnya Bunda coba kasih empeng, awalnya Obin juga gak mau, "apaan sih nih..." pasti Obin pikir gitu. Tapi lama-lama Obin ketagihan. Dari yang tadi cuma pengantar tidur, malah lama-lama jadi kebutuhan sepanjang tidur.

Bunda sudah beberapakali pernah coba untuk menyetop empeng, tapi mungkin juga karena Bunda gak yakin, kamu nangis histeris. Yah, Bunda ngalah deh. Bunda sempat berpikir untuk ngebiarin Obin ngempeng sampai 2 tahun, sampai Obin ngerti, dan minta Obin berhenti ngempeng mulai saat Obin ulang tahun (biar momen ulang tahun jadi momen yang bersejarah).

Entah kenapa minggu lalu, pas Obin bangun malam, Bunda berpikir untuk mencoba sekali lagi. Bunda berusaha keras supaya Obin jangan sampai nangis, gak maksa Obin untuk segera bobok, membiarkan Obin main dulu sampai ngantuk sekali, dan AJAIB Obin bisa tidur tanpa empeng. And the strory continued until today..... Sekarang Obin sudah benar-benar "FREE FROM EMPENG" baik siang maupun malam. Memang sih, konsekuensinya bobok siangnya Obin jadi berkurang. Tapi gak apa-apa ya sayang... nanti juga kamu bobok kalau udah ngantuk dan cape.

So the moral of this story:

Bayi gak pernah minta dikasih empeng. Empeng cuma lebih banyak untuk kenyamanan orangtua dari pada si bayinya sendiri.

Kalau sudah terlanjur, kalau memang niat, bisa kok kebiasaan ngempeng itu dihentikan. Yang penting si anak merasa 'secure' walaupun tanpa empeng. Asal dia sudah merasa nyaman dan aman, dia gak butuh empeng.

1 comment:

gfutfy said...

You said you will love me wow gold the whole life, but you marry her. You said Cheap WoW Gold you will wow power leveling,come to marry me, but this will not be carried out forever.WoW Gold I am trying my best to forget you and do not love you anymore. wow leveling But I failed and I still love you. Maybe wow leveling she needs you more compared wow leveling with me. So I tell you that world of warcraft power leveling you should love world of warcraft power leveling her and take good world of warcraft leveling care of her. You said I was so kind.world of warcraft leveling Yes, because I love you,world of warcraft leveling I hope you will be power leveling happy forever.